Thursday, September 3, 2009

Remaja dan Tantanganya

Remaja merupakan proses reproduksi perkembangan seseorang pada tingkat mengenal, memahami, menyukai, dan proses pencarian jati dirinya dalam kehidupan yang disebut dengan puberbalitas. Pada fase ini para remaja dihadapkan pada kondisi dimana mereka dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan. Ketergantungan terhadap lingkungan ini menjadi sangat tinggi, sehingga proses meniru dan bertindak menjadi salah satu dogma dalam hidupnya. Maka dengan demikian, inilah yang disebut dengan proses asimilasi yang memaksakan dirinya beradaptasi dengan lingkungan.

Tuntutan globalisasi di era reformasi ini menghendaki para remaja untuk saling berbaur didalamnya, sehingga globalisasi menjadi tantangan yang pertama dalam hidupnya. Sebenarnya apa makna globalisasi tersebut ? Globalisasi adalah sesuatu yang mendunia dimana ketergantungan terhadap perubahan sangat berarti. Perubahan-perubahan tersebut menuntut kita untuk berbuat, mengisi, dan menemukan sesuatu yang baru di dalamnya. Ciri dari bentuk globalisasi tersebut diantaranya adalah ; persaingan bebas, rasa individualisme yang sangat tinggi, rendahnya rasa social, ketergantungan terhadap ekonomi, dan ketergantungan terhap teknologi, serta masih banyak yang lainnya.
Menghadapi tuntutan globalisasi diatas, maka muncul pertanyaan di benak kita bahwa apa sebenarnya yang harus kita lakukan saat ini ? pertanyaan tersebut bukanlah sesuatu yang baru, terkadang kita sering mempertanyakan pertanyaan tersebut sejak kita mengenal diri kita sendiri. Namun, tidak pernah kita temukan jawabannya. Inti dari semua itu adalah kita sebenarnya dipaksakan untuk beradaptasi dengan dunia. Bagaimana caranya ? internet adalah jendela dunia yang harus kita tahu di dalamnya. Memahami, mengenal, dan memanfaatkan apa yang bisa kita manfaatkan di dalamnya situs ini akan memberikan anda bagaimana mengenal lebih dalam tentang internet.

No comments: